7 Resiko Tidak Bayar Tagihan Modal Nasional

Apa jadinya jika kamu tidak bayar tagihan Modal Nasional? Apa benar jika galbay di pinjol ini akan dibawa ke jalur hukum? Yuk,terus baca artikel ini hingga selesai supaya kamu memahami apa yang kami sampaikan. Ini adalah informasi yang penting buat kamu sehingga nantinya kamu mengerti resiko yang akan kamu hadapi.

Pinjaman online atau Pinjol sudah merupakan bagian hidup dari kalangan masyarakat Indonesia. Memberikan kemudahan bagi setiap pengguna untuk melakukan pengajuan pinjaman tanpa harus bertatapan muka.

Walaupun demikian, kamu juga harus tahu betapa pentingnya memahami resiko yang akan kita hadapi ketika finansial kita tidak baik-baik saja sehingga pada akhirnya tidak bisa bayar Modal Nasional tepat waktu. Tidak hanya untuk menjaga stabilitas keuangan pribadi, tetapi juga untuk menghindari akibat negatif yang mungkin timbul dari tidak mematuhi kewajiban pembayaran. Untuk itulah artikel ini kami buat supaya teman-teman bisa mengerti.

Resiko Tidak Bayar Tagihan Modal Nasional

Resiko Tidak Bayar Tagihan Modal Nasional

1. Bunga Denda / Keterlambatan

Resiko yang paling berat ketika kita tidak mampu untuk membayar tagihan Modal Nasional secara tepat waktu adalah adaya biaya tambahan atau biaya keterlambatan. Perlu kamu ketahui bahwa Modal Nasional memberikan beban biaya denda sebesar tidak kurang dari 0,3% perhari (menurut peraturan OJK) dari jumlah tagihan.

Tidak bisa bayar tagihan Modal Nasional

2. Pengaruh Terhadap SLIK OJK

Ada yang bilang kalau gagal bayar di Modal Nasional tidak akan pernah masuk SLIK OJK. Tapi kami hanya ingin mengatakan bahwa semua pinjol legal mau itu galbay atau lancar akan tercatat di OJK. Kalau kamu telat bayar akan berpengaruh terhadap skor elektabilitas SLIK OJK.

Apa konsekuensinya jika skor elektabilitas SLIK OJK kita turun? Tentu akan berpengaruh pada kualitas kredit kamu di masa yang akan datang. Artinya kamu mungkin akan mengalami kesulitan menggunakan fasilitas-fasilitas kredit di platform lain.

3. Penghentian Penggunaan Layanan

Resiko telat bayar di Modal Nasional yang berikutnya adalah menghentikan semua fasilitas atau fitur yang ada seperti limit pinjaman. Penghentian layanan ini dapat mengakibatkan akses terhadap pinjaman tambahan menjadi terbatas atau bahkan tidak dapat diakses sama sekali.

4. Aktivitas Menjadi Terganggu

Biasanya 3 hari sebelum jatuh tempo, pihak pinjol Modal Nasioal mencoba menghubungi kamu untuk mengingatkan atas kewajiban kamu. Kata orang kalau pinjol ini DC online-nya cerewet banget. Mereka terus telepon atau chat kamu untuk mendapatkan keterangan soal tagihan yang akan kamu bayar.

5. Kontak Darurat Akan Dihubungi Modal Nasional

Resiko tidak bayar tagihan Modal Nasional yang berikutnya adalah kontak darurat. Biasanya, kalau kamu sulit dihubungi atau tidak menjawab chat dari penagih Modal Nasional, maka mereka terpaksa menghubungi kontak darurat yang kamu berikan saat pengajuan pinjaman. Tapi kamu harus tahu kalau kontak darurat itu bukan untuk menagih, tapi hanya untuk menanyakan keberadaan kamu sebagi peminjam.

6. Kemungkinan Bisa Menimbulkan Stres

Biasanya ini terjadi pada kamu yang baru awam soal pinjaman online atau orang yang baru pertama kali pinjam uang tapi belum bisa balikkin uangnya. Salah satu yang mungkin akan terjadi jika kamu tidak bayar cicilan Modal Nasional adalah gangguan mental atau stres karna terlalu banyak memikirkan hutang yang semakin hari semakin membangkak jumlahnya.

7. Tidak Bisa Tidur dengan Tenang

Resiko tidak bisa bayar tagihan Modal Nasional yang berikutnya adalah soal kesehatan dalam hal ini adalah sulit untuk tidur (istirahat) dengan tenang. Karena terlalu banyak yang dipikirkan ditambah dengan tagihan pinjaman serta penagihnya yang cerewet, otak kita terus bekerja untuk berfikir sehingga kamu sulit untuk tidur dengan baik.


Solusi Telat Bayar di Modal Nasional

Kalau kamu memang mau untuk melunaskan semua tagihan yang ada di Modal Nasional tapi belum mampu bayar karna jumlah tagihan yang terus membengkak, tenang! Kami ada informasi kalau Modal Nasional mau memberikan keringanan seperti bayar tanpa biaya keterlambatan atau bayar setengah dari total tagihan. Dengan adanya fasilitas ini, maka kita bisa membayar semua utang kita yang ada di Modal Nasional lebih ringan

modal nasional chat

Sekarang yang jadi pertanyaannya adalah bagaimana cara mendapatkan keringanan Modal Nasional? Sayangnya kami tidak menemukan informasi ini di aplikasi maupun di situs website resminya. Jadi, soal keringanan ini biasanya mereka tawarkan kepada mereka yang sudah tidak sanggup bayar lagi lewat chat penagih online (seperti gambar di atas). Ada kemungkinan besar tidak semua layanan keringanan ini bisa dinikmati oleh semua pengguna yang gagal bayar.

Saran saya, segera hubungi CS Modal Nasional melalui email (cs@modalnasional.co.id) atau via chat penagihnya. Sekedar informasi, kamu juga bisa menghubungi pihak CS mereka lewat situs websitenya.

Hubungi Modal Nasional

Penutup

Mungkin itu saja informasi yang bisa saya sampaikan soal resiko yang akan kita hadapi ketika tidak bayar tagihan Modal Nasional. Semoga informasi yang kami sampaikan ini berguna dan memahami lebih dekat tentang dunai pinjaman online.

Hendri

Hendri

Hai! perkenalkan, saya Hendri Fernando Sinaga. Pernah bekerja salah satu koperasi simpan pinjam terbesar di Jawa Barat dari tahun 2010. Dan sekarang saya lebih fokus sebagai penulis artikel blog tentang pinjaman online. Lewat tulisan ini saya ingin berbagikan informasi pengalaman saya di dunia fintech.

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *