DanaBijak Sebar Data Pribadi ke Semua Kontak? Cek Fakta

Beberapa hari yang lalu, ada salah satu teman kita yang mengirimkan sebuah email tentang DanaBijak sebar data. Apakah benar mereka melakukan demikian?

Kesempatan kali ini, kami akan menjawabnya berdasarkan fakta yang ada, terupdate dan terpercaya. Semua informasi yang kami berikan berdasarkan dari sumber yang sangat terpercaya.

Sekali lagi, di sini kita hanya fokus soal data pribadi yang katanya DanaBijak sebar data ke luar kontak darurat atau media sosial jika kita belum bisa bayar hutang di pinjol ini.

Langsung saja kita mulai pembahasanya!

Terkait DanaBijak Sebar Data

DanaBijak Sebar Data pribadi ke luar kontak darurat
Info terbaru DanaBijak Sebar Data

Apakah aplikasi pinjaman online DanaBijak bakalan melakukan sebar data pribadi? Jawabannya adalah TIDAK. Karena, jika pinjol ini melakukan penyalahgunaan data seperti:

  • Sebar Data ke luar kontak darurat
  • Sebar data ke media sosial (kirim gambar foto pegang KTP)
  • Kirim paket barang COD dari marketplace

Maka mereka telah melanggar aturan OJK dan UU ITE.

Menurut Pasal 30 ayat (2) jo. Pasal 46 ayat (2), UU ITE yang mengatur setiap orang dengan sengaja dan tanpa hak atau melawan hukum mengakses komputer dan/atau sistem elektronik dengan cara apapun dengan tujuan untuk memperoleh informasi elektronik dan/atau dokumen elektronik dipidana penjara paling lama 7 tahun dan/atau denda paling banyak Rp700 juta.

Apa Hukumannya jika pinjol DanaBijak Melanggar Aturan OJK dalam hal ini sebar data pribadi? Hukumannya adalah administratif bahkan hingga pidana penjara.

Bagaimana cara melaporkan penagih pinjol DanaBijak jika memang terbukti melakukan pelanggaran sebar data? Anda bisa kirim pesan dan adukan langsung ke email: waspadainvestasi@ojk.co.id atau via WA 081157157157

Izin Aplikasi

Perlu Anda ketahui bahwa berdasarkan aturan OJK, aplikasi fintech lending hanya diperbolehkan mengakses 3 jenis izin aplikasi:

  • Lokasi
  • Mic
  • Kamera.

Nah, yang jadi pertanyaannya adalah, bagaimana debt collector tahu semua daftar kontak kita sedangkan kita tidak pernah mengizinkan akses kontak? Jujur, untuk pertanyaan ini kami belum bisa menjawab. Tapi asumsi kami bahwa kemungkinan besar mereka mengubah izin akses aplikasinya tanpa sepengetahuan kita. Sehingga DanaBijak dapat menyalin semua data daftar kontak kita.

Apakah DanaBijak Ada DC Lapangan jika Gagal Bayar?

Sebelum itu kami sudah membahasnya tentang DC Lapangan DanaBijak di artikel terpisah. Namun intinya adalah DanaBijak belum ada debt collector lapangan yang akan berkunjung ke rumah Anda. Namun, bisa saja ke depannya mereka sudah punya DC ke lapangan. Oleh sebab itu, Anda terus berkunjung di blog ini untuk mendapatkan informasi terupdate soal DC Lapangan atau gagal bayar di pinjol lainnya.

Jika Telat Bayar, Berapa Biaya Keterlambatannya?

Di setiap pinjol memiliki biaya denda yang berbeda-beda. Namun, berdasarkan informasi dari website resminya, jika Anda telat bayar, maka Anda akan dikenakan biaya pinalti atau denda keterlambatan sebesar 0.3% per hari..

Apa Resiko Jika Tidak Bayar di DanaBijak?

DanaBijak adalah aplikasi fintech lending yang dimiliki oleh PT Finansia Aira Teknologi Indonesia sudah terdaftar dan diawasi oleh OJK dengan nomor KEP-73/D.05/2021. Resiko terberat jika Anda gagal bayar di DanaBijak adalah kemungkinan besar catatan tagihan Anda akan tercatat di SLIK OJK, tambah beban pikiran dan bunga akan semakin bertambah.

Solusi Terbaik Agar Bisa Lunas

Saya tidak mau mengajarkan Anda untuk “sengaja” tidak membayar (gagal bayar). Tapi lain hal jika memang Anda sudah tidak sanggup lagi bayar.

Jika Anda memang ada niat untuk melunasi pinjaman di DanaBijak, Anda bisa hubungi DC Online atau CS DanaBijak untuk meminta tawaran keringanan utang. Biasanya platform pinjol ini mau diajak berdiskusi dan pasti akan memberikan solusi yang terbaik. Contohnya pemotongan (tanpa) biaya keterlambatan, Diskon 50% dari total tagihan dan lain-lain.

Caranya, Anda tinggal chat atau kirim pesan email ke support@DanaBijak.com. Ceritakan apa saja yang Anda alami terkait finansial yang membuat Anda kesulitan untuk membayar utang. Biasanya mereka akan mau membantu Anda dengan beberapa syarat seperti meminta dokumen pendukung.

Kesimpulan: Apakah DanaBijak Sebar Data?

Setelah kita membaca dan memahami artikel ini, maka kami yakin bahwa Anda sudah menemukan jawabannya.

Perlu Anda ketahui bahwa Kontak darurat adalah data yang digunakan apabila mereka kesulitan menghubungi Anda.

Semoga artikel ini berguna dan bermanfaat!

Hendri

Hendri

Hai! perkenalkan, saya Hendri Fernando Sinaga. Pernah bekerja salah satu koperasi simpan pinjam terbesar di Jawa Barat dari tahun 2010. Dan sekarang saya lebih fokus sebagai penulis artikel blog tentang pinjaman online. Lewat tulisan ini saya ingin berbagikan informasi pengalaman saya di dunia fintech.

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *